Lomba Cerpen Diknas Peringkat ke-20

Hari ini saya baru menerima secara lengkap hasil lomba menulis cerpen yang dilaksanakan pertengahan tahun lalu. Ketika menerima hadiah Rp3.850.000,00 awal Januari lalu, saya belum mengetahui juara keberapa. Hadiah yang saya terima via wesel itu hanya mencantumkan kalau saya salah seorang pemenang.

Pertama tahu, saya kira akan masuk 5 terbaik. Namun pengumuman yang saya terima hari ini lain dari harapan. Saya hanya peringkat ke-20 dari 819 peserta yang ikut. Lumayan sih sebenarnya. Paling tidak masuk 20 terbaik mewakili sekolah (SMA Al-Irsyad), Kota Pekalongan, plus provinsi Jawa Tengah.

Cerpen yang berjudul Kidung Sunyi Seorang Guru merupakan perenungan panjang saya tentang sepak terjang plus sisi hitam dunia pendidikan. Sebagian besar isi ceritanya adalah gambaran aktual yang ada di dunia pendidikan. Saya tidak bisa teriak, oleh karenanya teriaknya tersalur lewat cerpen saja.

Saya tidak memungkiri komentar Ibu Dra. Endang M (guru Bahasa Indonesia plus Wakil Urusan Kurikulum SMA 1 Pekalongan), yang mengatakan cerpen itu sebagai pengalaman pribadi; kejadian/peristiwa dunia pendidikan yang penuh intrik, korup, dan sebagainya. Tidak terkecuali sekolah itu ada di pegunungan, yang seharusnya kidung ramah, lugu, dan agamis menggeletarkan tiupan lembut udaranya. Namun kenyataannya? Dunia penuh korupsi dan manipulasi.

Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu saya dalam membuat cerpen tersebut: Keluarga Besar SMP 2 Talun, SMA 1 Pekalongan, dan SMA Al-IrsyadPekalongan. Semoga dunia pendidikan ada pencerahan di masa datang.

dari arsip tulisan di http://zulmasri.wordpress.com 26 Februari 2008

~ oleh mastermasri71 pada 27 Maret 2010.

Satu Tanggapan to “Lomba Cerpen Diknas Peringkat ke-20”

  1. salam kenal…

    blognya keren , artikelnya juga keren keren dan mantao mantao,,

    thanks, di tugggu kunjjungan baliknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: