Edi Irawan

Namanya Edi Irawan.

Tidak ada ciri khas secara fisik padanya. Ia tidak beda jauh dg anak desa kebanyakan. Siswa kelas 9 SMP. Tidak terlalu pintar, tapi yg pasti bukan tipe siswa yg terbelakang.

Tapi sesungguhnya ada yg luar biasa padanya. Ada sesuatu yg menyebabkan saya ingin menulis tentang ia.

Pengumuman UN SMP sudah dilakukan 21 Juni lalu, dan Edi termasuk jajaran siswa yg tidak lulus.

Saya wali kelasnya. Saya berduka.

Kedukaan itu terlebih dirasakan Edi tentunya saat menerima amplop yg berisi pengumuman kelulusan tersebut.

Awal semester 1 lalu, Edi sempat tak masuk 3 minggu. Ketika kunjungan rumah, orang tuanya mengatakan Edi keluar alias tidak melanjutkan lagi.

Namun suatu ketika, saya bertemu dengannya di jalan raya. Laju kendaraan saya hentikan, dan saya pun mengajaknya ngobrol.

“Saya ingin kembali ke sekolah, Pak,”ujarnya.

“Kata orang tuamu, kamu sudah keluar. Lha kok ingin kembali?”tanya saya.

Dari mulutnya keluar pengakuan. Ia tidak masuk sekolah karena dilarang orang tuanya. Bagi orang tuanya, membantu cari nafkah lebih berarti daripada sekolah. Tiga minggu tidak masuk sekolah, Edi berusaha meyakinkan orang tuanya akan pentingnya arti pendidikan. Usaha Edi meyakinkan ortunya berhasil.

Saya lalu menasihatinya. Edi berjanji akan belajar sungguh-sungguh. Saya suruh agar besoknya berangkat.

Esoknya saya melobi kepala sekolah dan guru-guru. Semua respek. Alhamdulillah.

Edi pun bisa belajar seperti biasanya.

Namun 21 Juni ketika pengumuman hasil UN dilaksanakan, Edi ternyata gak lulus.

Betapa sedih terasa….

dari arsip tulisan di http://zulmasri.wordpress.com 25 Juni 2008

~ oleh mastermasri71 pada 28 Maret 2010.

Tinggalkan Balasan

 
