Pasrah

Hari anak-anak kelas IX terlihat demikian pasrah. Saya berharap bukan karena kelelahan, melainkan pasrah berharap adanya kekuatan Sang Khalik dalam membuka pikiran saat pelaksanaan UN.

Dua hari para siswa dibekali panitia UN dalam bentuk persiapan menjelang pelaksanaan, pada saat UN berlangsung, dan pasca UN.

Sebagai salah seorang panitia UN di sekolah, saya sampaikan hal-hal yg harus disiapkan siswa. Mulai kedatangan di tempat ujian, peralatan yg harus dibawa, tata tertib, hingga tempat parkir.

Pada bagian akhir saya menekankan agar siswa tidak lupa memohon kepada-Nya. Bagaimana pun, kekuatan doa luar biasa, karena mampu mendobrak sesuatu yg sebelumnya tak pernah kita duga.

“Dan jangan lupa,” ajak saya, “Kalian harus mohon doa restu dari orang tua dan guru.
Pada saat berangkat, salami orang tua dan mohonlah didoakan: ‘Pak/Bu, saya berangkat ke sekolah. Hari ini di sekolah ada ujian. Doakan Pak/Bu agar saya bisa lulus dengan baik.’
Sampaikan hal itu dengan penuh keikhlasan. Lakukan setiap Kalian akan berangkat.”

Kelas terasa hening. Dengan lirih saya lanjutkan, “…dan jangan lupa, mohon doa dari Bapak/Ibu guru…”

Anak-anak terpaku dalam hening. Saya merasakan kedekatan yang amat sangat dengan mereka. Merasa seolah-olah mereka akan pergi ke tempat yang jauh.

Pada saat mereka bersalaman dan minta doa restu dengan para guru, beberapa anak putri menangis. Malah ada salah seorang pingsan, mungkin tak kuasa menahan suasana haru itu.

Acara kemudian dilanjutkan doa bersama. Semua tafakur, melakukan dengan sangat khusuk.

Ah, anak-anak tersayang, semoga Kalian lulus dan sukses menempuh UN 5-8 Mei 2008. Semoga Allah membuka pemahaman dan membuka jalan pikiran Kalian saat UN.

dari arsip tulisan di http://zulmasri.wordpress.com

~ oleh mastermasri71 pada 28 Maret 2010.

Tinggalkan Balasan

 
