SMPKU: ANDAI BISA MENJADI BUNGA BOUGENVILLE

Oleh: Musafak, S.Ag.

SMP tempatku mengajar berada di tempat yang cukup tinggi, bukit sengare namanya. Udaranya sangat sejuk, kalau musim penghujan airnya cukup untuk menggigilkan badan dan kabutnya bisa menghalangi jarak pandang. Pemandangannya sangat indah karena di dekat sekolahku terhampar perkebunan teh yang luas membentang.

Bangunan sekolahku cukup bersahaja, kalau tidak dibilang memprihatinkan. Fasilitas penunjang pembelajaran cukup ada bila standardnya adalah sekolah pegunungan. Rombongan belajarnya ada 9 dengan jumlah guru mencapai duapuluhan. Tentu jumlah yang tidak seimbang dan cukup membuat pusing si pembuat jadwal (kurikulum).

Tapi di balik itu semua dan dengan segala keterbatasan yang ada, SMPku ternyata memendam seribu potensi dan talenta yang luar biasa. Para siswa yang begitu gigih, bersemangat, dan pantang menyerah dalam belajar. Berkilo-kilo jarak membentang, medan jalan yang terjal naik turun menyusuri perbukitan dan keluar masuk hutan dilalui setiap hari dengan berjalan kaki. Keadaan tersebut tidak menjadi penghalang bagi anak-anakku untuk menggapai asa dan cita-cita menjadi anak yang berilmu dan berguna. Berbagai macam prestasi telah dicapai anak-anakku sebagai pengharum nama SMP ku.

Begitu pun dengan teman-teman senasib seperjuanganku yang sangat luar biasa dalam menjalankan amanatnya. Setiap hari harus menempuh perjalanan berpuluh-puluh kilometer walau dengan keadaan jalan yang sangat memprihatinkan dan kondisi alam yang melelahkan, tapi wajah penuh senyum yang tampak ketika samapai di tujuan.

Dengan berbagai macam latar belakang, keahlian, kepribadian dan talenta yang berbeda andaikan dapat membaur dan bersinergi dalam suasana kekeluargaan yang begitu harmonis dan kondusif, aku yakin suatu hari nanti SMP ku akan menjadi BUNGA BOUGENVILLE. Satu bunga dengan selaksa warna yang berbeda tapi dapat membentuk harmoni warna yang indah dan mempesona

~ oleh mastermasri71 pada 12 Agustus 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: