Dapatkah Aku Meng-SPJ-kannya

Oleh: Widisetyo

Pagi itu di sekolah agak ramai. Usut punya usut ternyata ada kabar gembira. Tunjangan sertifikasi telah turun. Alhamdulillah. Berarti angka di rekeningku akan bertambah. Ketika temanku pergi ke bank, aku titip untuk ngeprint buku tabunganku.

Ketika buku tabungan ada di tangan, segera kubuka. Subhanallah. Ada tambahan 8 digit angka di situ. Jumlah yang tidak sedikit untuk ukuranku yang terbiasa hidup sederhana.

Begitu bel berbunyi, aku segera menuju kelasku. Kutatap wajah-wajah polos murid-muridku. Mereka tidak tahu bahwa pada saat itu gurunya baru saja menerima tunjangan yang sangat besar karena telah menjadi guru. Profesi yang dianggap sangat mulia karena telah mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa. Begitu mulianya profesi guru, sehingga pemerintah dan masyarakat perlu memberi gelar “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Tak cukup hanya itu. Karena mulianya profesi ini, pemerintah merasa perlu memberikan tunjangan tambahan yang besarnya luar biasa.

Setelah mengajar aku pun kembali ke ruang guru. Ketika temanku bertanya berapa besarnya tunjangan yang aku terima. Aku pun menjawab dengan suara lirih.

Setiap kali tunjangan profesi turun, dan aku melihat besarnya uang yang tercantum pada rekening banku aku selalu tercekat. Ada rasa senang, takut, dan berbagai rasa yang bercampur aduk. Aku merasa senang karena dengan uang tersebut aku bisa membayangkan anakku kuliah di perguruan tinggi. Cita-citanya menjadi dokter kandungan. Dia beranggapan Indonesia butuh dokter kandungan perempuan karena pasien kandungan adalah perempuan, sementara kebanyakan dokter kandungan di Pekalongan semuanya laki-laki. Anakku, semoga dengan tunjangan profesi ini ibu mampu mengantarkanmu mewujudkan cita-citamu.

Lebih lanjut silakan klik di sini

~ oleh mastermasri71 pada 31 Oktober 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: