Tentang Penulis Blog

Dari sebuah dusun terpencil saat malam hujan dan petir sambar-menyambar, saya menghirup napas dunia. Bapak saya mencatat kelahiran saya pada pukul 20.00 tanggal 11 Januari 1971, bertepatan dengan bulan Zulhijah. Oleh karena itu, di bagian awal nama saya ada tiga huruf nama bulan Hijriyah itu.

Saya tidak tahu persis, apa makna nama saya berikutnya. Ada yang mengaitkan nama itu dengan negara Mesir. Namun saya pikir-pikir, agaknya tidak ada kaitannya dengan negara sungai Nil itu.

Zulmasri. Demikian nama yang diberikan orang tua saya.

Bapak saya seorang petani. Malam harinya menjadi guru ngaji. Murid Bapak dulu lumayan banyak. Bapak mengajar ngaji sangatlah “galak”. Biasanya orang tua yang ingin anaknya diajar ngaji plus salat oleh Bapak, sebelumnya menyerahkan sepenuhnya untuk dididik. Penyerahan si anak biasanya disertai dengan sepotong rotan kecil atau satu ikatan kecil lidi. Penyerahan lidi atau rotan adalah simbol yang dalam kenyataannya dilaksanakan sebagai bentuk pendidikan yang penuh disiplin. Artinya, kalau ada pelanggaran atau kesalahan dari si anak, pihak orang tua merelakan anaknya untuk dirotan atau dilecut dengan lidi.

Setelah selesai ngajar ngaji, biasanya Bapak suka bercerita. Cerita berbagai hikayat atau cerita-cerita misteri.

Bapak meninggal saat saya berusia 10 tahun.

Sementara ibu, yang biasanya saya panggil emak, adalah perempuan yang luar biasa. Setiap mengenang ibu, saya sering berkaca-kaca atau menangis. Lantunan Iwan Fals lewat lagu “Ibu” begitu menyentuh dalam diri saya.

Saya bahagia karena lahir dari keluarga yang mengutamakan ‘pendidikan untuk masa depan’, sehingga sesulit apa pun keadaan ekonomi keluarga, semua saudara-saudara saya bisa bersekolah.

Berkecimpung di penulisan sudah saya mulai dengan menjadi penulis di Koran Masuk Sekolah, sebuah koran kecil, suplemen Harian Singgalang Padang. Tulisan pertama saya berupa berita kecil tentang kegiatan sekolah, saya tulis saat duduk di bangku kelas III SMP.

Sejak saat itu kegiatan menulis saya tumbuh subur. Berbagai lahan seperti puisi, cerpen, kritik, resensi, esai, dan sebagainya saya tulis. Tulisan-tulisan saya dimuat antara lain di Harian Singgalang, Haluan, Semangat (Padang), Swadesi, Republika, Aneka, Ceria, Anita Cemerlang, Annida (Jakarta), Teruna Baru (Medan), Riau Pos (Pekanbaru), Suara Merdeka (Semarang), Gerbang (Yogyakarta), dan Berita Harian (Kualalumpur).

Beberapa puisi yang saya tulis juga menang dalam beberapa lomba dan dibukukan dalam beberapa antologi. Lengkapnya adalah: Taraju 93 (1993), Sahayun (1994), Hawa 29 Penyair (1994), Poeitika (1995), dan Antologi Puisi Indonesia (1997).

Saat ini jadi pengajar dan pembina jurnalistik, yakni di SMP Negeri 2 Talun. Alamat email: mastermasri@gmail.com. Selain di blog ini, saya juga ngeblog di http://zulmasri.wordpress.com


Satu Tanggapan to “Tentang Penulis Blog”

  1. ya lah p zul ok…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: